September 18, 2021

GKT Hosana

Berakar, Bertumbuh, Berbuah.

Yang Utama

Markus 12;30

Apa Yang terpenting dalam kehidupan kekristenan?

Pelayanan?    Persembahan?     Penjangkauan?

Ya semua itu penting, tetapi apakah semua itu menyenangkan hati Tuhan? Apakah itu yang Tuhan ingin untuk kita lakukan?

Markus 12 mencatat percakapan Yesus dengan Ahli Taurat, dari percakapan itu kita bisa tahu bahwa sesungguhnya yang terpenting adalah motivasi di dalam menjalankan kehidupan sebagai umat Allah. Apakah itu?

Yesus berkata yang terutama adalah mengasihi Tuhan dengan segenap hati, segenap jiwa, segenap akal budi, dan segenap kekuatan. Yesus mengajarkan bahwa umat Allah seharusnya mengasihi Allah dengan segala keberadaan hidupnya dan dengan itulah maka umat Allah melakukan segala peraturan yang ada dengan benar sesuai yang dikehendaki Allah, yang berkenan pada Allah.

Apa yang Yesus katakan ini adalah kutipan dari kitab ulangan 6:4 yang dikenal dengan Shema Israel.

Yesus tidak mengajarkan ajaran baru tetapi memberi penegasan dari apa yang sudah tertulis dalam perjanjian lama yang tidak banyak diperhatikan orang Yahudi, mereka hanya menjalankan hukum-hukum yang ada dengan ketat tetapi sering melupakan bahwa yang Tuhan inginkan adalah umat-Nya mengasihi Dia.

Nah, di hari ini kita diingatkan kembali untuk mengasihi Tuhan sebelum kita melakukan pelayanan kita, sebelum kita memberikan persembahan kita, sebelum kita menjangkau orang-orang di sekitar kita. Jangan sampai hal-hal tersebut hanya kita lakukan sebagai aktivitas semata, tetapi mari kita melakukannya karena kita mengasihi Tuhan yang sudah terlebihi dahulu mengasihi kita.

Kiranya Tuhan menolong kita untuk memahami firman-Nya dan melakukannya dalam hidup sehari-hari.

Ev. Ruth Liang 7 Juni 2021