September 17, 2021

GKT Hosana

Berakar, Bertumbuh, Berbuah.

Tuhan adalah Gembalaku VI

Mazmur 23;5 Tuhan adalah Gembalaku bagian VI – Engkau Menyediakan Hidangan Bagiku.
Syalom sdr ku dalam Tuhan,

jika kita membaca Mazmur23 ; 5 maka kita akan mendapati gambaran sebuah pesta perjamuan dimana Allah sendiri yang menjadiTuan rumahnya. Betapa menakjubkan bukan? ini juga yang menjadi gambaran bagaimana suatu hari nanti di dalam Rumah Bapa yang kekal,kita akan menikmati perjamuan pesta sangAnak Domba.
Jika ayat ayat sebelumnya mengambarkan sebuah perjalanan yang panjang, melewati lembah kekelaman dan bahaya, ayat ini menggambarkan sebuah perhentian yang penuh kesukaan. Kesukaan itu digambarkan dengan perkataan pemazmur ”Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku, Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak, pialaku penuh melimpah” Konteks di zaman itu, ketika ada seorang tuan rumah yang mengadakan jamuan pesta dan mengundang orang lain untuk menikmatinya,itu berarti bukan hanya sang tuan rumah dapat menyediakan hidangan yang mengenyangkan namun juga perlindungan. Di bagian ini dikatakan ” Ia menyediakan hidangan di depan lawanku” bayangkan saja, bagaimana seseorang dapat makan dengan tenang di hadapan lawannya? Iya, karena ada sang tuan rumah yang menjamin keselamatannya.

Minyak dan piala yang melimpah tentu saja melambangkan kelimpahan dan sukacita.semua itu dapat dinikmati bersama dengan Sang Tuan Rumah. Tapi ada satu hal lagi tentang jamuan makan. dalam konteks budaya saat itu,ketika seseorang menjamu seorang tamu untuk makan “semeja” dengannya, itu bukan hanya melambangkan sukacita dan perlindungan, tapi juga sebuah intimasi.
Apa yang pemazmur gambarkan ini menyatakan bahwa di tengah perjalanan hidup yang sulit dan penuh tantangan, ada Tuhan yang dengan hangat menyambut, memenuhi kebutuhan kita, memberi perlindungan dan bahkan sukacita yang melimpah. Inilah yang juga menjadi penghiburan bagi kita bahwa suatu hari nanti kita akan ada bersama -sama dengan Tuhan di dalam rumah-Nya yang kekal. Dimana tidak ada lagi penderitaan dan air mata,melainkan tempat yang penuh kesukaan dan kemuliaan.
Kiranya kebenaran Firman Tuhan ini menolong kita untuk terus memandang kepada Tuhan Sang Gembala yang sanggup memenuhi kebutuhan kita,memberi perlindungan bahkan sukacita, sebagaimana Daud di dalam bagian yang lain mengatakan.
“Aku senantiasa memandang kepada Tuhan; karena Ia berdiri disebelah kananku, aku tidak goyah, sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak sorai, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram; sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati,dan tidak membiarkan orang kudus-Mu melihat kebinasaan. Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan ; dihadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, ditangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

Mazmur16;8-11
Terimakasih Tuhan yang selalu membela dan memberi kedamaian.tolong kami senantiasa memelihara persekutuan dan menikmati pemeliharaan-Mu amin.

Ev Ruth Liang