June 23, 2021

GKT Hosana

Berakar, Bertumbuh, Berbuah.

Pernyataan Iman

GKT Hosana

Allah

  1. GKT Hosana mengaku dan percaya Allah Tritunggal, yang menyatakan diri dalam tiga Pribadi: Allah Bapa, Allah Putra, dan Allah Roh Kudus.
  2. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa ketiga Pribadi Allah turut bekerja dalam penciptaan, penebusan, dan pemeliharaan.

Alkitab

  1. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa seluruh Alkitab, baik Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Firman Allah yang diwahyukan sebagai standar kehidupan orang percaya (2 Timotius 3:15-17).
  2. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa Alkitab terdiri dari 39 Kitab dalam Perjanjian Lama dan 27 Kitab dalam Perjanjian Baru.

Manusia

  1. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa manusia diciptakan secara khusus menurut gambar dan rupa Allah (Kejadian 1:26).
  2. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa manusia terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan kesamaan derajat (Kejadian 1:27).
  3. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa manusia dipanggil untuk menikmati dan memuliakan Allah.

Dosa

  1. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa seluruh manusia telah jatuh di dalam dosa (Roma 3:23).
  2. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri, karena manusia telah mengalami kerusakan total oleh dosa.

Yesus Kristus

  1. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa Yesus Kristus adalah Pribadi kedua Allah Tritunggal.
  2. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat satu-satunya serta kepala gereja, sumber kebenaran dan hidup.
  3. GKT Hosana mengaku dan percaya Yesus Kristus memiliki dua natur, yakni Allah dan manusia.
  4. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa Yesus Kristus sebagai Mediator Allah kepada manusia dan manusia kepada Allah, dengan menjabat sebagai Nabi, Imam, dan Raja.

Roh Kudus

  1. GKT Hosana mengaku dan percaya Roh Kudus adalah Pribadi ketiga Allah Tritunggal.
  2. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa Roh Kudus memanggil orang berdosa dalam pertobatan dan melahirbarukan mereka serta memperlengkapi mereka dengan karunia-karunia untuk melayani Gereja Yesus Kristus.

Gereja

  1. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa gereja adalah organisme (Invisible Church) dan organisasi (Visible Church).
  2. GKT Hosana mengaku dan percaya bahwa gereja dipanggil untuk Koinonia (persekutuan), Marturia (kesaksian), dan Diakonia (melayani).
  3. GKT Hosana berpegang kepada dogma historis gereja Injili yang mengacu kepada Teologia Reformatoris, dengan menerima pengakuan Iman Rasuli, Pengakuan Iman Nicea Konstantinopel, Katekismus Heidelberg, dan Pengakuan Iman Belgica sebagai dasar pengajaran gereja.