KARYA ROH KUDUS: ROH KUDUS MEMENUHI KITA

Nas: Efesus 5:18

“Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh”

Karya Roh Kudus di dalam diri orang percaya dapat dipahami sebagai berikut, antara lain: Roh Kudus melahirkan kita kembali, membaptis kita, tinggal di dalam kita, memeteraikan kita. Keempat karya Roh Kudus di atas terjadi terbatas pada satu pengalaman , yaitu terjadi seketika pada saat kita percaya dan satu kali untuk selamanya. Namun karya Roh Kudus lainnya, dan salah satu yang akan kita renungan bersama mengenai Roh Kudus memenuhi kita, berbeda dengan ke-4 karya Roh Kudus di atas karena tidak terbatas pada satu pengalaman saja, melainkan dapat berulang-ulang [Buku Pedoman Katekisasi GKT, hal 67-68].

Hendaklah Kamu Penuh Dengan Roh Kudus

Kata-kata ini merupakan suatu perintah dalam bentuk jamak, ditujukan kepada semua orang kristen dan kepenuhan Roh Kudus tersedia bagi semua orang Kristen. Kalau Roh Kudus memenuhi kita, ini tidak berarti kita harus diam saja atau bersifat pasif, melainkan bersifat aktif  bahwa orang kristen harus menunjukkan hidup yang dipenuhi Roh Kudus. Paulus menggunakan kata perintah bentuk present (present imperative) dengan maksud agar perintahnya dilakukan terus menerus.

 Ciri-ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus.

Ada beberapa ciri orang-orang yang dipenuhi Roh Kudus, saya hanya menyebutkan beberapa ciri, antara lain di bawah ini:

  1. Taat pada Roh Kudus

Ciri pertama orang yang dipenuhi Roh Kudus adalah orang tersebut taat kepada-Nya dengan sepenuh hati. Paulus mengingatkan jangan mabuk oleh anggur…tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh”Seorag yang dipenuhi Roh Kudus memiliki penguasaan yang menunjukkan buah Roh dalam kehidupannya (bandingkan Galatia 5:22-23); sedangkan kalau mabuk oleh anggur, maka ia akan kehilangan penguasaan dirinya.

Roh Kudus itu Tuhan dan Pribadi, hanya saat Roh Kudus menguasai atau mengendalikan pribadi kita dimana Kehendak-Nya menguasai kita, kebenaran-Nya menguasai pikiran kita, cinta kasih-Nya menguasai emosi atau perasaan kita, maka ketika seluruh keberadaan kita dipenuhi-Nya karena kitataat. Itulah cirinya kita dipenuhi Roh Kudus.

  1. Hidup Kudus

Ciri kedua orang dipenuhi Roh Kudus adalah hidup orang tersebut telah diubah oleh pengaruh Roh Kudus dan firman-Nya, sehingga dia menjadi orang yang suka akan kekudusan. Karena dipenuhi Roh Kudus, dengan sendirinya orang tersebut tidak menyukai hal-hal yang palsu, yang tidak benar, yang tidak suci dan yang menyeleweng. Semua yang tidak beres akan dia singkirkan. Dia akan hidup kudus dalam pikiran, perkataan, dan perilaku.

Memang tidak ada seorang pun yang suci di hadapan Tuhan. Tetapi pada waktu Roh Kudus memenuhi hati kita, paling tidak kita mempunyai keinginan untuk menjalani hidup kudus. Oleh sebab itu, marilah kita berusaha terus menerus taat pada Tuhan dan hidup kudus di hadapan-Nya, agar kita terus dipenuhi dengan Roh Kudus. Tuhan memberkati kita, Amin!

Oleh : Pdt. Yohanes Chai